Kamis, 20 Maret 2008

Biodata O'neil

Shaquille Rashaun O'Neal (lahir 6 Maret 1972), sering disingkat Shaq, adalah salah seorang pemain basket NBA yang paling dominan. O'Neal pertama bermain untuk Orlando Magic, lalu pindah ke Los Angeles Lakers, dan sekarang bermain untuk Miami Heat. Dengan tinggi 2,16 m, berat 150 kg, dan sepatu 22 (ukuran sepatu AS), Shaq terkenal dengan ukuran fisik tubuhnya. Shaq memiliki beberapa julukan seperti "the Diesel", "the Big Aristotle", "M.D.E (Most Dominant Ever)", "Superman", dan julukannnya yang terakhir setelah mendapat gelar doktoralnya, "Doctor Shaq".
Karir
Sejak bergabung di liga pada umur 20 tahun, karirnya telah berkembang menjadi salah satu perkembangan pemain basketyang paling mengesankan di sejarah NBA, sekaligus meletakkan standar tersendiri bagi definisi pemain tengah (center) dalam bola basket masa kini. Dia selama berkarir berhasil meraih 4 gelar NBA, yaitu: 3 kali saat bersama Los Angeles Lakers dan 1 kali saat bersama Miami Heat.
Sejak musim 2007-08, Shaquille O'Neal mulai menunjukkan kelambatan dan berkurangnya akurasi tembakan yang dianggap berbagai kalangan dirinya dinilai sudah tua. Bukti utamanya adalah jebloknya prestasi Miami Heat sampai pertengahan musim tersebut. Akhirnya dia pindah ke Phoenix Suns setelah ditukar dengan Shawn Marion dan Markus Banks. Semua ini berkat peran dari direktur utama Suns, Steve Kerr yang berharap O'Neal dapat menutupi kelemahan Suns, yaitu rebound.

Tidak ada komentar: